Sunday, August 6, 2017

Cara Edit Template Blogger Lewat HP

42 comments
Hello guys.! Jumpa lagi dengan saya selaku admin di blog Jenishow.blogspot.com. Pada kesempatan liburan hari minggu kali ini saya mau sedikit berbagi bagaimana Cara Mengedit Template Blogger Lewat HP ? Meskipun cara ini sudah ada yang membahasnya bahkan mungkin sudah menjamur di Mbah google.,eittt!! tapi bukan jamur klethong atau jamur tiram lho ya!". Menjamur disini maksudnya sudah banyak yang ngasih tutorialnya masalah edit-mengedit template blogger, akan tetapi kebanyakan ditutorial-tutorial tersebut menjelaskannya lewat PC atau mengedit langsung lewat pengaturan HTML template/tema yang sudah ada di pengaturan blogger tersebut.

Akan tetapi seperti yang kita ketahui bersama bahwa tidak semua HP Android bisa melakukan itu semua (mengedit template dari blogger langsung) ada kelebihan dan kekurangan masing-masing dari setiap HP Android. Demi menanggapi salah satu permintaan teman yang ada di KBT-Komunitas Blogger Tuban yang ada di grub WA disana, maka kali ini saya akan ngasih tutorial "Bagaimana Cara Mengedit Template Blogger Lewat HP?".

Oh iya sebelumnya aku kasih tahu dulu aplikasi yang aku pakai untuk mengedit template blogger ini namanya WPS Office.

Nah bagi yang tidak tahu apa itu WPS Office dan apa kegunaanya, berikut ini penjelasan singkat tentang Aplikasi WPS Office yang biasanya ada di HP Android sobat.

WPS Office adalah salah satu aplikasi terbaik yang kebanyakan digunakan oleh orang-orang untuk membantu pekerjaannya, entah itu untuk membuat suatu makalah, skripsi, membuat laporan keuangan, tugas presentasi atau hal-hal penting yang lainnya, seperti untuk mengedit template blogger yang akan aku jelaskan disini.


Saya rasa cukup basa-basi sapaan kata dari awal postingan kali ini, dan sekarang kita waktunya ke pokok pembahasan Cara Edit Template Blogger Lewat HP.

Hal pertama yang harus sobat persiapkan adalah sebuah file template, kalau belum punya atau belum ada silahkan download dulu di penyedia layanan template blogger, baik itu yang prabayar atau yang gratisan.

Contoh disini saya pakai template brosense v2 dari Mas Sugeng. Kalau sudah sekarang kita buka Aplikasi WPS Office untuk memulai mengeditnya, biar lebih jelas lihat gambar yang sudah aku sediakan dibawah ini.






Kalau sudah melakukan langkah-langkah seperti gambar diatas klik lagi nama template yang sobat download/unduh tadi, perhatikan gambar di bawah ini yang aku kasih lingkan.



Setelah sobat selesai melakukan semua langkah-langkahnya, maka sekarang sobat akan dihadapkan dengan gambar yang ada dibawah ini, klik tulisan edit


Silahkan di edit pada bagian mana yang ingin sobat edit, entah itu dibagian menu atau di bagian warna yang mungkin warnanya kurang cocok menurut pandangan sobat., karena memang tiap orang punya pandangan yang berbeda-beda. Kalau dirasa sudah cukup mengeditnya silahkan sobat klik >> Bungkus Teks >> Selesai >> Tentukan Dimana sobat ingin menyimpanya >> Dan yang terakhir klik simpan. Biar lebih jelas lihat gambar.







Setelah pengeditan templatenya selesai dan tersimpan, sekarang saat kita merubah format file yang tersimpan tadi, caranya cukup mudah kita hanya butuh membuka Aplikasi File Manager yang sudah ada di handphon sobat, ubah format file yang kita simpan tadi. Contoh format file yang saya simpan BrosenseV2.txt Dan saya rubah menjadi BrosenseV2.xml, dan terakhir klik ok/simpan.! pahankan yang aku maksud ? Atau biar jelas lihat petunjuk seperti gambar yang ada dibawah ini.







Nah kalau sudah tersimpan, file yang berformat xml itulah yang nantinya diupload di akun blogger milik sobat.

Demikian tutorial Cara Edit Template Blogger Lewat HP yang dapat saya bagi di pertemuan kali ini, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkannya atau yang memang sedang mencari Tutorial Cara Mengedit Template Blogger Lewat HandPhone

Salam berbagi dari saya (JeniShow)-Blogger Tuban



If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

42 comments:

  1. Sampai lupa kalau ini hari Minggu, alhamdulillah lumayan padat acara hari ini
    Sudah mencoba memahami dan sudah pernah sampai pada penampakan ke kode-kode yang disebutkan diatas, Rumit banget ya tapi bolehlah dipelajari lg pelan-pelan. Nggk tahu deh hpku bisa nggak download aplikasi WPS Office
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ngeditnya pakai wps itu enak., nggak seperti kayak ngedit langsung dari blogger.

      ya dicoba download dulu aplikasinya.

      Delete
  2. Wih... Kerenn... Kapan2 boleh lah aku mencoba praktek tutorialnya. 😁😁👍👍👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho yo., kan mas @djacka sudah mencobanya bolak-balik.., hehehe 😀

      Delete
  3. Meskipun saat ini bisa menggunakan smartphone, tapi aku pribadi lebih suka lwat PC lho, Mas. Tapi, tak ada salahnya dicoba, dan cara ini bisa dilakukan dimanapun berada ya, Mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas cara ini bisa kita lakukan sambil ngopi, nggak usah riwa-riwi bawa laptop.., 😀

      Delete
    2. Betul, Mas, leha lehe ngoprek template sembari ngopi. Apalagi kalau smartphone dengan ukuran inci yang cukup besar. Cara ngoprasikannya akan lebih mudah :)

      Delete
    3. Seperti ngedit di tablet ya mas, aulanya kan jauh lebih luas.., dan pasti betah ngedit2 masalah template ini.

      Delete
  4. Ooh.. nama aplikasinya WPS Office, ntar nyoba ah.. saya kadang suka kesulitan edit template kalau pake Chrome, siapa tahu dengan aplikasi ini jadi lebih mudah. Mksh mas sharingnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas @Maman, aplikasinya WPS office.

      Sama saja, aku juga mengalami hal yang sama kalau ngedit lewat chrome.

      Delete
  5. keren ya.. tapi ya, ga kepikiran ngubah template hape pake hendpon secara yang mau diedit copas dari internet wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau template di copas berarti nggak ngedit lho mas.., hehe

      Delete
  6. BAru tahu deh MAs Jeni. TApi hp ku apa bisa ya, setengah jadul gini uhukss.s..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memangnya HPnya apa lho mbak @Wahyu? Nggak hp buntut kan? hihihi..!

      Delete
  7. Lho, ternyata bisa ya pakai hp? Tapi kalau menurut saya kalau untuk edit template mending pake pc sih. Terima kasih mas atas informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mas kita edit pakai WPS Office. Ya itu kan bagi yang punya pc.., bagi yang nggak punya pc ya jalan alternatifnya pakai wps.., hehe

      Delete
  8. nggak tau apakah termasuk keren edit template lewat hp atau sotoy, coba?

    kalau menurut saya mah maksain deh....tapi lumayan keren....sih. sedikit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakai wps aulanya nggak maksain kok mang.., nyantai kayak di pantai.., wkwkwk.!

      Delete
  9. Perbedaannya juga sangat jauh ketimbang edit langsung diPC. Entah kenapa edit kode di PC rasanya seperti sulit. Padahal kalau kita teliti sebenarnyakode template bisa diimprove sesuai keinginan heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya enakan di pc mas, itu pun kalau punya., kalau nggak punya ya mau gimana lagi.., terpaksa ngedit lewat hp., hehe.

      Oke, thank buat hadirnya.

      Delete
  10. Wahhh dengan wps office ternyata bisa yaaa, saya juga punya handphone saya, dan langsung merubah formatnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas @Andrie , pakai wps bisa., silahkan di coba pasti enak., hehe

      Delete
  11. Baru tau WPS Office bisa buat edit Template :v ntar dicoba deh. Terimakasih ilmunya kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai wps bisa kok mbak @Eny, silahkan kalau mau dicoba.

      Delete
  12. He..he..
    Komplit banget cara edit ya..!
    Dan mudah dipahami kang..👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan yang mudah jelas untuk dipahami itu gambarnya ya mas.? Hehe..

      Delete
  13. saya baru tahu kalau bisa ngedit template lewat WPS Office android. Jadi ingat dulu juga mas, saya sering ngedit template di nokia symbian yang pake opera, kalau itu mah mesti tabah banget ngeditnya soalnya kodenya kecampur semua. Kaang sebelin kalau gak ke save.
    makasih mas, buat ilmu barunya, boleh dicoba nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu waktu masih pakai hp symbian saya juga pakai OP kalau lagi ngedit css/template mas @Bimo, tapi semenjak pakai android ternyata lebih enakan pakai wps.

      Iya sama2, terimakasih juga buat kunjungannya..

      Delete
  14. Saya punya aplikasi ini WPS ini...
    Ternyata bisa juga buat edit template ya... baru tau saya...
    Cara editnya juga harus sabar ya Mas... karena ini merupakan kode, salah satu huruf atau angga, bisa error... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali Mas @Dedy, harus extra sabar untuk mengedit soal template ini, salah sedik aja bisa error templatenya.

      Delete
  15. Pake pc aja saya sering pusing kalau edit template. Ga tau deh kalau pake hp. Apalagi hp saya lemot, bisa naik tekanan sayah.

    Tapi kalau hpnya ram gede + prosesor mumpuni mungkin lewat hp lebih enjoy ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin juga mas @Wahyu, karena ram yang besar dan prosesornya mumpuni sangat berpengaruh besar di hp.

      Delete
  16. kalau saya editnya pake aplikasi jota plus mbak jeni editnya enak ada fitur copy paste undo dan adanya fitur cari sehingga mudah kalau mau cari kode, kalau untuk wps offline belum nyoba sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya silahkan dicoba pakai wps mas @Rio.., pasti kamu ketagihan.., hehe

      Delete
  17. Oh gitu ya, tapi mungkin kurang leluasa mas cara editnya Karna layar yang terbatas, oky lah mungkin bisa di coba nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan di coba dulu mas., pakai wps enak kok mfeditnya.

      Delete
  18. wah tapi kayaknya ribet mas kalau pakai hp, layarnya kecil jadi tampilannya terbatas jadi susah ngeditnya. beda kalau pakai pc lancar jaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakai WPS enggak mas, kalau sudah terbuka filenya enak ngeditnya.

      Delete
    2. saya sudah download mas appsnya, tapi gk saya pakai ngedit malah saya pakai baca baca ebook haha joos mas

      Delete
    3. Iya mas @Abdul, aplikasi wps office juga bisa buat baca ebook.

      Delete
  19. manteb infonya, selama ini gk pernah edit dari hp, edit nunggu online dulu hehe. bisa dicoba nih, terimakasih mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas @Misbahul sama2, silahkan di coba kapan-kapan lewat wps., pasti lebih enak karena bisa ngedit template langsung mode off line., hehe

      Delete