Tuesday, May 9, 2017

Obat Luka Baru, Luka Lama Atau Borok Dan Demam

25 comments
Obat luka baru, luka lama atau borok dan Demam


Tak asing lagi rasanya dengan jenis buah yang satu ini. Rasanya yang asam biasanya daging buahnya dimanfaatkan ibu-ibu untuk ditambahkan pada masakannya dan juga digunakan sebagai tambahan pada minuman bahkan ada juga yang menggunakannya untuk meringankan batuk.

Dan ternyata orang-orang zaman dulu juga menggunakan daunnya untuk mengobati demam dan luka baru. Biji asam jawa digunakan untuk menyembuhkan luka lama.

Sekedar berbagi saja, bagaimana caranya sehingga biji dari asam jawa yang biasanya dibuang begitu saja bisa berkhasiat untuk mengobati luka lama atau disebut dengan borok ada juga yang menyebutnya dengan koreng.

Baiklah, mari kita baca sama-sama bagaimana cara membuatnya sehingga daun asam jawa dan biji asam jawa ini dapat digunakan sebagai obat.
  • 1.Meredakan Demam
    √ Untuk demam kita butuh 1 genggam daun asam jawa dan adas pulowaras secukupnya.

    Cara membuatnya :

    Kedua bahan tersebut direbus dengan ½  liter air sampai mendidih, kemudian disaring.Minum ramuan tersebut pagi dan sore secara teratur, sampai demam turun.

    Catatan!!!
    Bagi ibu yang sedang hamil sangat dilarang minum resep atau ramuan rebusan daun asam jawa ini, karena berefek bisa menyebabkan kontraksi.
  • 2. Menyembuhkan luka baru
    √ Yang kita butuhkan hanya daun asam jawa secukupnya.

    Cara membuatnya :

    Daun asam jawa dikunyah sampai lumat, kemudian ditempelkan pada luka baru.
  • 3. Menyembuhkan Luka Lama atau Borok atau Koreng
    √ Yang kita gunakan adalah biji dari asam jawa dan sedikit minyak makan.

    Cara Membuatnya :

    Biji asam jawa ditumbuk sampai halus. Setelah halus campurkan minyak makan ke dalam biji asam jawa yang sudah dihaluskan tadi. Kemudian dengan cara membalurkan atau menempelkan pada luka atau borok yang sebelumnya sudah dibersihkan terlebih dahulu.


Nah mulai sekarang jangan buang biji asam jawa setelah digunakan daging buahnya ya, karena masih bisa digunakan sebagai obat.

"penyakit ada obatnya. Maka bila obat itu mengenai penyakit akan sembuh dengan izin Allah Azza wa Jalla.” (HR. Muslim no. 5705)


Dengan menyediakan selalu asam jawa di rumah setidaknya dugunakan untuk pertolongan pertama apabila dalam waktu tiga hari sampai satu minggu belum ada perubahan, saya sarankan untuk berobat ke dokter anda. Semoga bisa bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

25 comments:

  1. Kadang sesuatu yang dipandang tidak berguna dan dilupakan begitu saja ternyata masih ada manfaat yang bisa kita ambil

    Allah menurunkan penyakit, tapi Allah juga menurunkan penawarnya, banyak keajaiban tersembunyi yang kadang di luar nalar manusia

    Sebisa mungkin menghindari yang bisa mendatangkan penyakit, tapi kalau sudah sakit ya bersabar dan berobat

    obat-obat herbal masih banyak yang mempercainya untuk menyembuhkan penyakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya terkadang hal2 yg kita anggap sepele di depan kita justru sangat bermanfaat buat diri kita.

      Delete
    2. itulah sifat manusia, meneyepelekan yang remeh temeh, tapi yang gede pun nggak didapet.
      yang jadi pertanyaan, kenapa disebutnya Asam Jawa, emangnya nggak ada pohon Asem tersebut di Sumatera bahkan di Lampung tempatnya neng Maya, gituh ya?

      Delete
    3. di Sumatera untuk Lampung ada pohon asem mang, tapi tetep aja orang Lampung menyebutnya asam jawa. Utk asal usulnya blm cari tahu mang

      Delete
  2. Baca asam jawa aja saya udah ngilu-ngilu gimana gitu. Sensitif solanya sama yang asem-asem.

    Ternyata ampuh juga ya asam jawa ini mengobati luka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa lagi kalau lihat langsung orang yg memakannya didepan kita ya mas.., pasti rasanya ngilu2 gimana gitu.., hehe.

      Okey thank buat kunjungannya.

      Delete
  3. Buah asam jawa yg ini sekarang jarang ditemui mas, apa lagi ditempat kota kota besar, asam jawa masih bisa di cari di pedalaman desa kali ya.. Banyak manfaat nya lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, kalau di daerah pedesaan asam jawa ini masih banyak kita temui.., baik itu yang di tanam atau yang tumbuh liar

      Delete
    2. buah asam ini banyak mengandung vitamin C mas, tapi kok bisa dinamai asam jawa mas...kenapa itu ya ?

      Delete
    3. nah itu salah satu keinggulannya orang jawa, ada asam jawa, gula jawa dan tentunya masih banyak keunggulan lainnya 😀
      maaf yg punya rumah lg sibuk, aku cuma bantu jawab kalau salah mohon maaf ya

      Delete
  4. Kalau aku biasanya menggunakan daun lamtoro untuk mengobati luka baru, mas.
    Dan aku baru tahu kalau ternyata daun asam jawa juga bisa digunakan untuk obat luka baru maupun obat demam.
    Dan ternyata biji asam jawa juga bisa juga digunakan sebagai obat koreng. Hehe

    ReplyDelete
  5. waktu kecil saya sering dikasi asam jawa, tapi buat kompres pas demam

    ReplyDelete
  6. Asam jawa setahu saya ya cuma buat masakan sama bijin minuman, tapi ada banyak manfaat lainnya jg toh....

    ReplyDelete
  7. Asam jawa banyak manfaatnya tapi terkadang asam jawa ini diabaikan begitu saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.., paling cuma di buat jangan asem, hehe

      Delete
    2. Iya soalnya jangan asem mantep banget lho.. Hehe

      Delete
  8. Saya malah kurang suka asem jawa, tapi kok banyak manfaatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mulai dari sekarang suka enggak papa.., enggak telat kok.., haha

      Delete
  9. saya biasa minum asam jawa di padu denga gula jawa rasanya segar apalagi kalau habis nyangkul di kebun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya seperti apa ya.,kalau asam Jawa di campur sama gula Jawa? masih ada rasa asamnya kan?

      Delete
  10. Yang sering itu asam jawa dibuat tambahan bumbu masak dan dibuat minum, ehg ternyata bisa untuk mengobati luka makasih dapat pengetahuan lagi, Tombo teko penyaket lungo, hehe.

    kang djaka kok ndak bilang ya kalau admin ini orang tuban.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waras teko beras., mari teko pari. hehe


      Lha sampean nggk tekok kro mas djacka.., yo mas djacka nggk dhudohno tho. :)

      Delete
    2. Hahahaha !

      Jayah ahhg kang djaka iki, Nek gak takok ra di dudohno, tapi aku emmoh umpamane didudohi wek'e kang djaka hahahaha.

      Delete
    3. podo duwene kok dudoh2an tho mas.., hehe.

      Wis ayo ning masjid disek., setane selak ngomongno sing ora2, haha

      Delete
  11. Itulah hebatnya bangsa kita, begitu kaya dengan tanaman berkhasiat seperti asam jawa ini, banyak manfaat yang bisa kita dapat tapi banyak yang belum mengetahuinya.

    ReplyDelete