Sunday, March 12, 2017

Inilah Kasiat Daun Keres Atau Kersen Untuk Kesehatan

31 comments
Manfaat daun keres Untuk Kesehatan

loading...

Selain buahnya yang rasanya manis, teryata daun keres atau kersen ada juga yang menyebutnya pohon talok ini juga tak kalah hebatnya sama bahan-bahan alam yang lain untuk masalah kesehatan. Daun keres dipercaya membantu mengatasi berbagai macam penyakit sebagai berikut.

Melindungi fungsi otot jantung

Melalui sebuah penelitian menyatakan bahwa daun keres atau kersen ini dapat melindungi fungsi otot jantung, yaitu dengan cara minum rebusan daunnya secara teratur.

Khasiat daun keres untuk diabetes

Daun keres atau daun kersen diyakini bisa berkhasiat untuk menurunkan kadar gula bagi penderita diabetes. Hal itu karena daun ini mengandung senyawa kimia SAPONIN dan FLAVONOID yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menyekresi hormone insulin yang bekerja untuk metabolisme gula.

Anda bisa membuat ramuan dengan cara mengambil 100 gram daun keres, cuci hingga bersih, lalu rebus dengan satu liter air dan biarkan hingga airnya tersisa setengahnya. Minumlah dua kali sehari, masing-masing satu gelas.

Anti hipertensi

Anda bisa membuat ramuan dengan cara, ambil daun keres, cuci bersih, kemudian jemur hingga kering. Setelah kering, Anda bisa menggunakannya setiap hari sebagai pengganti minuman teh dengan cara menyeduhnya dengan air panas, lalu aduk-aduk hingga airnya berubah kemerahan seperti teh. Minumlah dua kali sehari masing-masing satu gelas.

Anti kolesterol

Untuk mencegah atau mengobati kolesterol, Anda bisa membuat ramuan dengan cara merebus segenggam daun keres yang segar dengan 3 gelas air, biarkan sampai mendidih dan biarkan hingga airnya tersisa satu gelas. Lalu minum secara teratur tiga kali sehari.

Anti inflamasi

Dengan minum rebusan daun ini akan berkhasiat untuk mengurangi radang atau sebagai antiinflamasi dan juga bisa menurunkan panas demam.

Antiseptik

Daun keres juga bermanfaat sebagai antiseptic karena mengandung senyawa saponin, tannin, dan flavonoid sehingga dapat membunuh mikroba bakteri, antara lain K.Rhizophil, C.Diptheriae, P.Vulgaris, S.Aureus, dan S.Epidemidis.

Antitumor

Kandungan senyawa flavonoid dalam daun keres terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel-sel tumor, sehingga ramuan ini dapat digunakan sebagai anti tumor.



If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

31 comments:

  1. Saya baru tahu buah Keres dari blog ini. Haahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti blog ini sungguh luar biasa, berguna bagi pembaca. Kalau blogku, aduh gado-gado ,tidak jelas isisnya.

      Delete
    2. Tahunya buah kersen dari blog tetangga.., hehe

      Delete
  2. Tak sangka ternyata daunnya pun ada manfaatnya, padahal daun keres ini sering diabaikan karena masih banyak orang yang belum tahu manfaatnya. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya., mungkin tahunya cuma buat makanan kambing.., hehe

      Delete
  3. Kersen kalo di tempetku namanya. Baru tahu khasiatnya lho. Ternyata bagus ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya begilah., lain padang lain belalang, lain lubuk lain juga ikannya.

      Lain daerah lain pula namanya.., :)

      Delete
  4. Yah pohonnya sudah di tebang, selain daunnya sering rontok yang nyapu jadi kesel, akarnya juga tumbuh setiap muncul di permukaan tanah, ternyata sangat tumbuhan ini sangat berkhasiat bg kesehatan, memang buanya tidak berhenti setiap hari ada yg matang, jadi langganan anak-anak tetangga hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain daunya rontok.., juga jadi langganan di panjat ya.., hehe

      Delete
  5. buah kersen yang jadi tempat dan cemilan paporit anak-anak saat sore hari ternyata punya khasiat yang makjleb ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mang., selain buah, daun keres ini menyimpan banyak khasiat buat pengobatan.

      Delete
  6. di balik manfaatnya yang banyak , pohon kersen juga banyak ulat bulunya ,,, itulah yang membuatku benci ,,,ihihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti pro kontra ya mas buat sampean :P

      Delete
  7. Pohon talok atau ceri kalau dikampungku menyuebutnya. Ternyata khasiatnya banyaj juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagi kecil pling seneng naek kepohon kersen, tempatnya adem dan buahnya manis, nggak sadar kalau banyak khasiatnya

      Delete
    2. Kalau nama pohon ceri baru ini aku dengar mas., kedengarannya bagus ya nama ceri ini, kayak nama buah internasional., hehe

      Delete
  8. belum ada pos baru ya?
    baiklah saya tunggu pos terbarunya
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah ada kok, tapi baru kemari.., :)

      Delete
  9. judulnya sering ketutp oleh tombol share deh mang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mang.., sudah aku usahakan untuk merubahnya., tapi hpnya yang kurang mumpuni.

      terimakasih buat masukannya.

      Delete
  10. Saya suka sama buahnya, dulu waktu saya masih anak-anak, saya menanamnya saya pikir nanti kalau saya sudah punya anak bisa hasilkan buah, eh ternyata belum nikah saja usdah hasilkan buah.

    nah baru sekarang saya mengetahui manfaat daunnya, kalau sama buahnya saya gak mikir manfaatnya, yang penting rasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena buahnya sangat manis ya mas.

      Delete
  11. Pohon keres banyak di depan halaman rumah saya mas.. Sering makan buahnya juga, ternyata menyimpan banyak manfaat dan baik untuk kesehatan ya... Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas., banyak sekali manfaat daun keres ini.

      Delete
  12. wah aku cupu...belom pernah denger buah beginian.. payah deh aku. bener2 belom pernah denger O_o padahal manfaatnya banyak banget :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi sekarang sudah tahu kan, nama dan manfaatnya daun buah keres ini.

      Delete
  13. jadi ingat suka manjat pohon ini waktu kecil 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. cewek kok suka manjat sih.., tapi keren lho kalau jaman sekarang masih ada cewek yang suka memanjat.., haha

      Delete
  14. Buah favoritku waktu kecil, terutama saat lagi bokek ngga punya duit buat jajan, ternyata buah liar yang gampang di temukan di pinggir2 jalan dan pekarangan ini bnyak khasiat dan manfaatnya.

    Anak jaman sekarang mah udah pada jarang yg doyan ginian, lah wong anak jaman sekarang mah duit jajannya udah banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau anak2 kecil di tempatku masih banyak yang suka sama buah ini mas., ya mungkin karena rasanya manis jadi mereka suka.

      Delete
  15. dulu pas kecil suka makan kresen. temen yang naik ke pohon, sha yang nunggu di bawah. hahaha gatau kalo punya manfaat kaya gini.

    ReplyDelete